Home » binawasa » Bolehkah Pramuka Siaga Berkemah ?

Bolehkah Pramuka Siaga Berkemah ?

Pramuka Siaga adalah anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia 07 – 10 tahun.  Pada usia tersebut anak-anak memiliki sifat unik yang sangat beraneka. Pada dasarnya mereka merupakan pribadi-pribadi aktif dan tidak pernah diam.  Sifat unik Siaga merupakan kepolosan seorang anak yang belum tahu resiko dan belum dapat diserahi tugas dan tanggung jawab secara penuh. Semua aktifitas kegiatan Pramuka Siaga masih bergantung pada pengawasan dan perlindungan dari Pembinanya atau Yahda dan Bundanya.

Pramuka Siaga pada prinsipnya boleh menyelenggarakan kegiatan perkemahan, karena kegiatan tersbut sangat menarik bagi anak-anak siaga dan mengandung banyak nilai-nilai kepramukaan yang diterapkan, hanya saja perkemahan di lingkungan Pramuka Siaga terbatas waktu pada pelaksanaannya,  dan ini berbeda dengan perkemahan yang diselenggarakan pada golongan pramuka Penggalang atau penegak dan Pandega.

Untuk Pramuka Siaga memiliki banyak kegiatan, salah satunya adalah Persari ( Perkemaham Satu Hari) yang dilaksanakan dari pagi dan beakhir sampai siang/ sore hari.

Perkemahan Pramuka Siaga diselenggarakan tidak dengan bermalam, hal ini sesuai usia pramuka siaga yang secara fisik maupun psikologis belum siap untuk mengikuti kegiatan berkemah pada malam hari di alam terbuka.