Home » Berita Pramuka » Menpora Buka Munas XI Tahun 2023

Menpora Buka Munas XI Tahun 2023

Banda Aceh, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mewakili Presiden Joko Widodo membuka Musyawarah Nasional (Munas) XI Kwartir Nasional Gerakan Pramuka 2023 di Balee Meusreya Aceh, Banda Aceh, Sabtu (2/12).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan alat musik Rapai. Turut mendampingi Menpora Dito, Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki, Ketua Kwartir Nasional Budi Waseso, dan Ketua Kwartir Daerah Aceh Muzakir Manaf. 

“Dengan ini secara resmi saya buka Musyawarah Nasional XI Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Tahun 2023,” ujar Menpora Dito. 

Menpora Dito berharap forum musyawarah tertinggi Gerakan Pramuka yang digelar lima tahunan ini bisa berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Kemudian juga dalam pertemuan ini diharap akan menghasilkan keputusan dan program yang baik kedepan.

“Semoga organisasi pramuka ini bisa terus maju dan dicintai oleh seluruh masyarakat,” sebut Menpora Dito. 

Lebih lanjut, Menpora Dito menginginkan kwartir nasional ini bisa merangkul kwartir di seluruh daerah. Kemudian juga agar menjalin komunikasi dengan Presiden Joko Widodo yang juga sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka.

“Anggota Gerakan Pramuka harus punya mental, moral yang baik, serta memiliki tanggung jawab, mandiri, dan berdaya saing untuk kemajuan bangsa,” terang Menpora Dito. 

Disamping itu, Menpora Dito bilang keputusan untuk menjadi anggota pramuka di usia muda adalah tepat. Sebab, organisasi ini salah satunya melatih kepemimpinan. Lalu juga membentuk karakter hebat setiap anggota Pramuka.

“Kita sama-sama tahu di Pramuka banyak anak bangsa dilatih untuk menjadi pemimpin. Kita diajarkan untuk mengalahkan rasa takut. Menjadi hebat, kuat, dan bermanfaat untuk lingkungan sekitar,” imbuhnya. 

“Pada era sekarang, kita perlu memberikan fasilitator bagi energi, semangat, dan ide-ide bagi generasi muda untuk beraktualisasi melakukan berbagai hal baik,” tambah Menpora. 

Munas XI Gerakan Pramuka akan berlangsung hingga 4 Desember 2023. Agenda persidangan dalam Munas XI terdiri atas sidang pendahuluan, sidang paripurna 1, sidang paripurna 2, sidang komisi dan perumusan hasil sidang komisi, dan sidang paripurna 3.

Panitia pelaksana juga mempersiapkan kegiatan pendukung, salah satunya adalah Festival Nusantara. Kegiatan tersebut digelar sepanjang pelaksanaan acara. Terdapat UMKM Expo, Festival Kuliner, Pasar Rakyat, Pameran Foto Pramuka, serta Pentas Seni Budaya dalam rangkaian Festival Nusantara Munas XI Gerakan Pramuka tahun 2023 ini.

Sumber : kemenpora.go.id